TEKNIK INFORMATIKA

UNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Sunday, November 2, 2014

USER INTERFACE

9:58 PM





            Pada kesemptan kali ini saya mau membahas sedikit dan mengulas tentang apa itu user interface. Kebanyakan sekarang UI (user interface ) adalah touchscreen sperti kebanyakan smartphone atau tablet yang kita miliki, tapi apakah kalian tau dulunya bagaimana awal tentang user interface dan apa saja macam macamnya sampai bisa secanggih sekarang,  mari simak ulasan saya berikut ini,

1.      ANTARMUKA PENGGUNA BERBASIS TEKS (text base interface)



teks antarmuka pengguna ( TUI ), juga disebut user interface tekstual atau antarmuka pengguna terminal adalah  yang diciptakan beberapa saat setelah penemuan , untuk membedakan  antarmuka yang diolah peristiwa dari  yang dioperasikan secara berurutan. Sebuah TUI canggih mungkin, seperti GUI, menggunakan seluruh area layar dan menerima  masukan. Sebuah TUI tidak selalu memberikan baris demi baris output, meskipun tuis hanya menggunakan teks , dan  yang tersedia di lingkungan teks yang diberikan.
JENIS TERMINAL TEKS
1.      Sebuah asli  layar, dikendalikan oleh atau prosesor pusat itu sendiri
2.       Sebuah mode teks  . Contohnya adalah  untuk  dan  (dalam mode window) untuk 
3.        Sebuah remote  . Kemampuan komunikasi biasanya menjadi berkurang menjadi  atau emulasi nya, mungkin dengan beberapa sebagai  channel dalam kasus seperti dan 


DI BAWAH DOS DAN MICROSOFT WINDOWS 

                Pada IBM Personal Komputer dan kompatibel , Basic Input Output System ( BIOS ) dan DOS panggilan sistem menyediakan cara untuk menulis teks pada layar, dan ANSI.SYS sopir dapat memproses standar ANSI escape sequence. Namun, programmer segera tahu bahwa menulis data langsung ke penyangga layar jauh lebih cepat dan sederhana program, dan kurang rentan terhadap kesalahan; melihat modus teks VGA-kompatibeluntuk rincian. Perubahan metode pemrograman mengakibatkan banyak program DOS TUI.The win32 konsol lingkungan yang terkenal karena emulasi nya EGA / VGA fitur mode teks tertentu, terutama akses acak untuk buffer teks, bahkan jika aplikasi berjalan di jendela. Di sisi lain, program yang berjalan di bawah Windows (baik aplikasi asli dan DOS) memiliki kontrol jauh lebih sedikit dari layar dan keyboard daripada program Linux dan DOS dapat memiliki, karena lapisan tersebut win32 konsol.
            Beberapa program penting semacam ini adalah Microsoft Word , DOS Shell , WordPerfect , Norton Commander , Turbo Vision berbasis Borland Turbo Pascal dan Turbo C (yang terakhir termasuk conio perpustakaan), Lotus 1-2-3 dan banyak lainnya. Beberapa interface ini bertahan bahkan selama Microsoft Windows 3.1x periode awal 1990-an. Sebagai contoh, Microsoft C 6.0 compiler, digunakan untuk menulis program GUI sejati di bawah 16-bit Windows, masih memiliki TUI sendiri. Sejak dimulai, Microsoft Windows termasuk konsol untuk menampilkan perangkat lunak DOS. Kemudian versi menambahkan konsol Win32 sebagai antarmuka asli untuk perintah-line interface dan program TUI. Konsol biasanya terbuka dalam modus jendela, tetapi dapat beralih ke layar penuh mode teks yang benar dan sebaliknya dengan menekan Alt dan Enter kunci bersama-sama. Modus layar penuh tidak tersedia pada Windows Vista dan kemudian, tetapi dapat digunakan dengan beberapa workarounds

2.ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS (graphic user interface)




            Adalah jenis antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui grafis ikon dan visual yang indikator seperti notasi sekunder , sebagai lawan antarmuka berbasis teks , mengetik label perintah atau teks navigasi. GUI diperkenalkan sebagai reaksi terhadap dirasakan curam kurva belajar dari antarmuka baris perintah (CLIs),  yang membutuhkan perintah untuk diketik pada keyboard yang .
            Tindakan dalam GUI biasanya dilakukan melalui manipulasi langsung dari elemen grafis.  Selain komputer, GUI dapat ditemukan di perangkat genggam seperti MP3 player, portable media player, perangkat game dan rumah tangga kecil, kantor dan peralatan industri. Istilah "GUI" cenderung tidak diterapkan pada resolusi rendah lainnya jenis interface dengan resolusi layar , seperti video game (di mana HUD  lebih disukai), atau tidak terbatas pada layar datar, seperti menampilkan volumetrik  karena istilah ini terbatas pada lingkup dua dimensi tampilan layar mampu menggambarkan informasi umum, dalam tradisi ilmu komputer penelitian di PARC(Palo Alto Research Center).

          Komponen

            Sebuah GUI menggunakan kombinasi teknologi dan perangkat untuk menyediakan sebuah platform yang pengguna dapat berinteraksi dengan, untuk tugas mengumpulkan dan menghasilkan informasi.
Serangkaian elemen sesuai dengan bahasa visual telah berevolusi untuk mewakili informasi yang tersimpan dalam komputer. Hal ini membuat lebih mudah bagi orang-orang dengan beberapa keterampilan komputer untuk bekerja dengan dan menggunakan perangkat lunak komputer. Kombinasi yang paling umum dari unsur-unsur seperti di GUI adalah WIMP ("jendela, ikon, menu, pointing device") paradigma, terutama di komputer pribadi.
             The WIMP gaya interaksi menggunakan virtual perangkat input untuk mengontrol posisi dari pointer , paling sering mouse, dan menyajikan informasi yang diselenggarakan di windows dan diwakili dengan ikon. Perintah yang tersedia disusun bersama dalam menu, dan tindakan yang dilakukan membuat gerakan dengan perangkat penunjuk. Sebuah window manager memfasilitasi interaksi antara jendela, aplikasi, dan sistem windowing . Thesistem windowing menangani perangkat keras seperti menunjuk perangkat dan hardware grafis, serta posisi pointer.
            Dalam komputer pribadi , semua elemen ini dimodelkan melalui metafora desktop yang , untuk menghasilkan simulasi yang disebut lingkungan desktop di mana layar merupakan desktop, di mana dokumen dan folder dokumen dapat ditempatkan. Window manajer dan perangkat lunak lain bergabung untuk mensimulasikan lingkungan desktop dengan berbagai tingkat realisme.

          Interaksi 

Ada beberapa perangkat antarmuka manusia , untuk interaksi yang efisien dengan GUI:
  • Keyboard komputer terutama digunakan bersama dengan cara pintas Keyboard .
  • Perangkat penunjuk untuk Cursor (atau lebih tepatnya Pointer ) kontrol: mouse , Menunjuk tongkat , Touchpad , Trackball , Joystick , dll
  • Virtual Keyboard
  • Head-up display , perangkat informasi tembus di tingkat mata
Selain tindakan manusia, ada juga tindakan yang dilakukan oleh program, yang mempengaruhi GUI. Misalnya, ada komponen baris tidak valid atau D-Bus untuk memfasilitasi komunikasi program komputer dengan satu sama lain.

3.USER INTERFACE SENTUH (touch interface)



Sebuah antarmuka sentuh pengguna (TUI) adalah teknologi-menunjuk komputer berdasarkan indera peraba ( haptics ). Sedangkan antarmuka pengguna grafis (GUI) bergantung pada rasa penglihatan , TUI memungkinkan tidak hanya indera peraba untuk menginervasi dan mengaktifkan fungsi berbasis komputer, juga memungkinkan pengguna, terutama yang tunanetra , tingkat tambahan interaksi berdasarkan taktil atau Braillemasukan.

Teknologi

Umumnya, TUI membutuhkan tekanan atau kehadiran dengan saklar terletak di luar dicetak kertas . Tidak menjadi bingung dengan kertas elektronik usaha, TUI membutuhkan halaman yang dicetak untuk bertindak sebagai template atau overlay untuk beralih berbagai . Dengan berinteraksi dengan switch melalui sentuhan atau kehadiran, suatu tindakan dipersarafi. Sensor beralih referensi silang dengan basis data . Database mempertahankan jalur yang benar untuk mengambil konten digital terkait atau membuka aplikasi yang sesuai.
TUI ikon dapat digunakan untuk menunjukkan kepada pembaca dari halaman yang dicetak tindakan apa yang akan terjadi setelah berinteraksi dengan posisi tertentu pada halaman yang dicetak.
Mengubah halaman dan berinteraksi dengan halaman baru yang mungkin memiliki sentuhan poin yang sama dengan halaman sebelumnya atau berikutnya, z-axis dapat digunakan untuk menunjukkan bidang kegiatan. Z-axis dapat diimbangi sekitar batas halaman. Ketika sumbu z unik berinteraksi dengan, x, y-axis dapat memiliki sentuhan poin identik sebagai halaman lain. Sebagai contoh, 1,1,1 menunjukkan z-sumbu 1 (halaman 1) dan x, y-axis adalah 1,1. Namun, mengubah halaman dan menekan baru z-sumbu, mengatakan halaman 2, dan kemudian x sama, sumbu y posisi konten sebagai halaman 1, keuntungan berikut koordinat struktur: 2,1,1.


IMPLIKASI UNTUK DIGUNAKAN 

TUI teknologi memiliki beberapa implikasi yang menarik. Misalnya, dapat memberikan solusi yang mirip dengan infrastruktur kunci publik (PKI) dimana halaman cetak dan database-nya terkait berfungsi sebagaimanajemen hak digital solusi (DRM) tanpa perlu username, password, atau sertifikat digital . Agaknya, jika pembaca memiliki halaman yang dicetak dan teknologi, mereka berhak untuk mengakses konten digital yang direferensikan dan terkait.
TUI teknologi juga dapat menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan digital. Mereka yang memiliki persyaratan khusus dapat menggunakan sentuhan dengan jari atau pointer untuk mendapatkan akses ke lingkungan digital. Mengetik, saat ini metode tradisional untuk mengakses dunia digital, dapat diganti bagi pengguna yang jari hilang atau tidak mampu mengetik. Menyentuh link di atas kertas dicetak mengambil keuntungan dari kehadiran di mana-mana kertas yang dicetak sementara itu menghilangkan hambatan masuk ke dunia digital. Selanjutnya, menghilangkan kebutuhan untuk mengetik jalur menghapus kesalahan dari proses masuk, berpotensi melindungi perusahaan dan organisasi yang memiliki pengguna potensial pergi ke cybersquatting situs karena salah mengeja a. Mengetik juga memakan waktu. Sebuah antarmuka sentuh memberikan pengurangan waktu untuk mendapatkan di mana pembaca ingin pergi di dunia digital.


4. GESTURE BASED INTERFACE




          Pengakuan isyarat adalah topik dalam ilmu komputer dan teknologi bahasa dengan tujuan menafsirkan gerakan manusia melalui algoritma matematika. Gestures dapat berasal dari setiap gerak tubuh atau negara tetapi umumnya berasal dari wajah atau tangan. Fokus saat ini di lapangan termasuk pengakuan emosi dari wajah dan tangan isyarat pengakuan. Banyak pendekatan yang telah dibuat dengan menggunakan kamera dan algoritma visi komputer untuk menafsirkan bahasa isyarat. Namun, identifikasi dan pengakuan dari postur, gaya berjalan, Proxemiks, dan perilaku manusia juga merupakan subyek dari teknik pengakuan isyarat. pengakuan Gesture dapat dilihat sebagai cara bagi komputer untuk mulai memahami bahasa tubuh manusia, sehingga membangun kaya jembatan antara mesin dan manusia daripada pengguna teks antarmuka primitif atau bahkan GUI (antarmuka pengguna grafis), yang masih membatasi mayoritas masukan untuk keyboard dan mouse.

Pengakuan Gesture memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan mesin (HMI) dan berinteraksi secara alami tanpa perangkat mekanis. Menggunakan konsep pengakuan isyarat, adalah mungkin untuk menunjuk jari pada layar komputer sehingga kursor akan bergerak sesuai. Hal ini berpotensi membuat perangkat input konvensional seperti mouse, keyboard dan bahkan layar sentuh berlebihan.

Jenis Gesture 

Dalam interface komputer, dua jenis gerakan dibedakan:  Kami menganggap gerakan online, yang juga dapat dianggap sebagai manipulasi langsung seperti scaling dan rotating. Sebaliknya, gerakan Pengunjung biasanya diproses setelah interaksi selesai; e. g. lingkaran ditarik untuk mengaktifkan menu konteks.

Gerakan Offline: Mereka gerakan yang diproses setelah interaksi pengguna dengan objek. Contohnya adalah gerakan untuk mengaktifkan menu.
Gerakan Online: gerakan manipulasi langsung. Mereka digunakan untuk skala atau memutar objek nyata.

 


 








Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 PENGANTAR TI. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top