Komunikasi komputer menggambarkan proses di mana data dua atau lebih komputer atau perangkat
mentransfer, instruksi, dan informasi. Hari ini, bahkan komputer terkecil dan perangkat dapat berkomunikasi secara langsung dengan satu sama lain, dengan ratusan komputer pada jaringan perusahaan, atau dengan
jutaan komputer lain di seluruh dunia sering melalui Internet.
Menunjukkan sistem komunikasi sampel. Beberapa komunikasi melibatkan kabel dan kawat; lain dikirim secara nirkabel melalui udara. Untuk komunikasi yang sukses,
Macam - macam komunikasi :
1. Pesan Teks
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer. Layanan pesan teks biasanya menyediakan pengguna dengan beberapa pilihan untuk mengirim dan menerima pesan :
2. Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai. Layanan gambar / video messaging biasanya memberikan pengguna pilihan ini untuk mengirim dan menerima pesan :
3. Wireless Pesan Instan
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger. Dengan layanan IM yang kompatibel, pengguna memiliki pilihan IM ini :
4. Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet : nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless.
Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan sambungan untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan.
5. Warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya per menit. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
6. Global Positioning System
Sebuah sistem global positioning (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima bumi berbasis yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. Sebuah penerima GPS adalah genggam, mountable, atau perangkat embedded yang berisi antena, penerima radio, dan prosesor.Aplikasi pertama dan paling banyak digunakan teknologi GPS adalah untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Data yang diperoleh froma GPS, bagaimanapun, dapat diterapkan untuk berbagai kegunaan lain: membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang atau dicuri objek, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Banyak kendaraan menggunakan GPSs untuk menyediakan driver dengan arah atau informasi lain, seperti alternatif rute lalu lintas, secara otomatis meminta bantuan jika airbag ini digunakan, bantuan pinggir jalan pengiriman, membuka pintu sisi pengemudi jika tombol terkunci di dalam mobil, dan melacak kendaraan jika dicuri.
7. Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointmentscalendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna ultiple m dan membantu mengkoordinasikan ppointments dan kali pertemuan.
8. Voice Mail
Voice mail, yang berfungsi seperti mesin penjawab, memungkinkan seseorang untuk meninggalkan pesan suara untuk satu atau lebih orang. Beberapa sistem pesan suara dapat mengirim file audio voice mail ke alamat e-mail. Orang lain dapat mengkonversi pesan suara ke pesan teks untuk ditampilkan pada komputer atau perangkat mobile seperti ponsel pintar, yang kemudian dapat mengelola seperti pesan teks lainnya.
9. Kolaborasi
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen dokumen. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Perangkat lunak kolaboratif sering whiteboard dan video / audio conferencing tanggung capa. Contoh perangkat lunak kolaboratif termasuk Acrobat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Micros sering Office Live Meeting, Google Wave, dan WebEx. Microsoft Office SharePoint Server berisi paket program, salah satunya adalah perangkat lunak kolaboratif.
10. Web Services
Layanan web menggambarkan perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk CRE aplikasi makan yang berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis interna. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Sebuah Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber, menciptakan aplikasi baru.
B. JARINGAN
Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat connected bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Keuntungan menggunakan jaringan :
Klarifikasi Jaringan :
1. LAN
LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer sekolah, gedung perkantoran, atau kelompok diposisikan dekat bangunan.
2. MAN
MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan area lokal di daerah metropolitan seperti kota atau kota dan menangani sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu.
3. WAN
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang radio.
Sebuah topologi jaringan mengacu pada tata letak komputer dan perangkat dalam jaringan komunikasi. Tiga topologi jaringan yang umum digunakan adalah star, bus, dan cincin :
a. Jaringan Bintang (Topologi Star)
Pada jaringan bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada jaringan terhubung ke perangkat sentral, sehingga membentuk bintang. Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node pada jaringan adalah hub dan switch. Pada jaringan bintang, jika salah satu simpul gagal, hanya simpul yang terpengaruh.
b. Jaringan bus (Topologi Bus)
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel tunggal pusat, dimana semua komputer dan perangkat lain terhubung. Bus adalah kabel fisik yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam jaringan bus mentransmisikan data, instruksi, dan informasi di kedua arah. Keuntungan dari jaringan bus adalah bahwa komputer dan perangkat lain dapat dilampirkan dan terpisah pada setiap titik di bus tanpa mengganggu sisa jaringan dan kegagalan satu perangkat biasanya tidak mempengaruhi sisa jaringan bus.
c. Jaringan Cincin (Topologi Cincin)
Pada jaringan cincin, kabel membentuk lingkaran tertutup (cincin) dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang cincin (Gambar 9-18). Data yang dikirimkan pada jaringan cincin perjalanan dari perangkat ke perangkat di sekitar seluruh cincin, dalam satu arah. Ketika komputer atau perangkat mengirim data, data perjalanan ke setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan. Jika komputer atau perangkat pada jaringan cincin gagal, seluruh jaringan berpotensi berhenti berfungsi.
d. Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.
Beberapa yang digunakan jaringan komunikasi standar dan protokol untuk kedua kabel dan nirkabel net- bekerja :
1. Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Standar Ethernet mendefinisikan pedoman untuk konfigurasi fisik jaringan, misalnya, kabel, kartu jaringan, dan node. Sebuah standar Ethernet yang lebih baru, yang disebut Fast Ethernet, memiliki kecepatan transfer data 100 Mbps, sepuluh kali lebih cepat dari standar asli.
2. Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Beberapa jaringan token ring menghubungkan hingga 72 perangkat. Lainnya menggunakan jenis khusus dari kabel yang memungkinkan hingga 260 koneksi. Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.
3. TCP/IP
TCP / IP adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan ing menjadi potongan-potongan kecil, disebut paket; menyediakan alamat untuk setiap paket; memeriksa dan mendeteksi kesalahan; paket sequencing; dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. Tiap paket berisi data, serta penerima (tujuan), asal (pengirim), dan informasi urutan yang digunakan untuk reas- semble data di tempat tujuan. Setiap paket perjalanan sepanjang tercepat individu jalur yang tersedia untuk komputer penerima melalui komunikasi-komunikasi perangkat yang disebut router.
4. Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan berdasarkan standar 802.11. Beberapa daerah yang luas, seperti perguruan tinggi atau bisnis kampus, ditetapkan sebagai jaringan mesh Wi-Fi, di mana setiap rute mesh node data ke node berikutnya yang tersedia sampai data mencapai tujuannya biasanya koneksi Internet. Sebuah jaringan Wi-Fi lebih fleksibel daripada hot spot karena setiap node dalam jaringan mesh tidak harus langsung terhubung ke Internet.
5. Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan.
6. UWB
UWB, yang merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dengan satu sama lain. Pada jarak 10 meter (sekitar 33 kaki), kecepatan transfer data adalah 110 Mbps. Pada jarak dekat, seperti 2 meter (sekitar 6,5 kaki), transfer rate setidaknya 480 Mbps.
7. IrDA
Beberapa komputer dan perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi; yaitu, perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu sama lain sehingga tidak ada yang menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah.
8. RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui antena, pembaca RFID, juga disebut transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke perangkat komputer atau komputasi.
9. WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas.
10. WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari program-program yang (1) membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan; (2) mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi; dan (3) menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.
Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data :
Sebuah perangkat komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman, perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi menerima sinyal dari saluran komunikasi. Berikut ini akan menjelaskan jenis komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.
a. Dial-Up Modem
Modem dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.
b. Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital
Adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung ke port pada unit sistem.
c. Wireless Modem
Beberapa pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar, atau perangkat mobile lainnya Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.
d. Kartu Jaringan
Kartu jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick), adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.
e. Wireless Access Points
Sebuah titik akses nirkabel adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel.
f. Router
Router adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tination des-benar pada jaringan.
g. Hub dan Switch
Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.
Banyak pengguna rumah yang menghubungkan beberapa komputer dan perangkat bersama-sama dalam jaringan rumah. Setiap jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
Tiga jenis jaringan rumah kabel Ethernet, kabel powerline, dan phoneline :
a. Jaringan Ethernet
Jaringan Ethernet tradisional mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan, perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk mengkonfigurasi.
b. Kabel Jaringan Powerline
Sebuah jaringan kabel rumah powerline adalah jaringan yang menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam rumah. Jaringan ini tidak memerlukan kabel tambahan. Salah satu ujung kabel colokan di port USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak. Data mentransmisikan melalui saluran listrik yang ada di rumah.
c. Jaringan Phoneline
Sebuah jaringan phoneline adalah jaringan mudah-install dan murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah. Dengan jaringan ini, salah satu ujung kabel nects con- ke adaptor kartu atau PC Card di komputer dan colokan ujung lainnya di soket telepon di dinding. Jaringan phoneline tidak mengganggu transmisi suara dan data pada saluran telepon. Artinya, Anda dapat berbicara di telepon dan menggunakan saluran yang sama untuk terhubung ke Internet.
d. Jaringan Wireless Home
Untuk jaringan komputer dan perangkat yang menyertakan beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa Anda dapat mengambil komputer mobile di luar, misalnya di halaman belakang, dan terhubung ke Internet melalui jaringan rumah, selama Anda berada dalam jangkauan jaringan.
Saluran komunikasi adalah media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth. Semakin tinggi bandwidth, semakin saluran mentransmisikan. Sebagai contoh, sebuah modem kabel memiliki bandwidth lebih dari modem dial-up.
Media transmisi fisik yang digunakan dalam komunikasi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. Kabel ini biasanya digunakan di dalam atau di bawah tanah antara bangunan. Ethernet dan token ring LAN sering menggunakan media transmisi fisik. Tabel di Gambar 9-35 daftar kecepatan transfer LAN menggunakan berbagai media transmisi fisik. Bagian berikut membahas masing-masing jenis kabel :
a. Kabel Twisted-Pair
Salah satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair. Kabel twisted-pair sists con dari satu atau lebih twisted-pair kabel dibundel bersama. Setiap kawat twisted-pair terdiri dari dua kabel tembaga terisolasi terpisah yang memutar bersama-sama. Kabel yang terbelit bersama-sama untuk mengurangi kebisingan. Kebisingan merupakan gangguan listrik yang dapat menurunkan komunikasi.
b. Kabel Coaxial
Kabel Coaxial, sering disebut sebagai membujuk (diucapkan KO-kapak), terdiri dari kawat c opper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: (1) bahan isolasi, (2) logam anyaman atau dikepang, dan (3 ) lapisan luar plastik. Kabel kabel televisi (CATV) jaringan sering menggunakan kabel koaksial karena dapat kabel jarak yang lebih jauh dari kabel twisted-pair. Sebagian besar jaringan komputer saat ini, bagaimanapun, tidak menggunakan kabel coaxial karena media transmisi lain seperti sinyal kabel transmisi serat optik pada tingkat yang lebih cepat.
c. Kabel Serat Optik
Kabel Fiber-Optic terdiri dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat optik, kaca cladding isolasi dan lapisan pelindung mengelilingi setiap serat optik.
Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit. Bagian berikut membahas jenis media transmisi nirkabel :
a. Inframerah
Inframerah (IR) merupakan media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah. Com- puters ponsel dan perangkat, seperti mouse, printer, dan ponsel pintar, sering memiliki port IrDA yang memungkinkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan gelombang cahaya inframerah.
b. Radio Siaran (Broadcast)
Radio Broadcast adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah.
c. Radio Seluler
Radio Seluler adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel.
sumber id.wikipedia.org
Macam - macam komunikasi :
1. Pesan Teks
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer. Layanan pesan teks biasanya menyediakan pengguna dengan beberapa pilihan untuk mengirim dan menerima pesan :
2. Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai. Layanan gambar / video messaging biasanya memberikan pengguna pilihan ini untuk mengirim dan menerima pesan :
3. Wireless Pesan Instan
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger. Dengan layanan IM yang kompatibel, pengguna memiliki pilihan IM ini :
4. Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet : nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless.
Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan sambungan untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan.
5. Warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya per menit. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
6. Global Positioning System
Sebuah sistem global positioning (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima bumi berbasis yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. Sebuah penerima GPS adalah genggam, mountable, atau perangkat embedded yang berisi antena, penerima radio, dan prosesor.Aplikasi pertama dan paling banyak digunakan teknologi GPS adalah untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Data yang diperoleh froma GPS, bagaimanapun, dapat diterapkan untuk berbagai kegunaan lain: membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang atau dicuri objek, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Banyak kendaraan menggunakan GPSs untuk menyediakan driver dengan arah atau informasi lain, seperti alternatif rute lalu lintas, secara otomatis meminta bantuan jika airbag ini digunakan, bantuan pinggir jalan pengiriman, membuka pintu sisi pengemudi jika tombol terkunci di dalam mobil, dan melacak kendaraan jika dicuri.
7. Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointmentscalendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna ultiple m dan membantu mengkoordinasikan ppointments dan kali pertemuan.
8. Voice Mail
Voice mail, yang berfungsi seperti mesin penjawab, memungkinkan seseorang untuk meninggalkan pesan suara untuk satu atau lebih orang. Beberapa sistem pesan suara dapat mengirim file audio voice mail ke alamat e-mail. Orang lain dapat mengkonversi pesan suara ke pesan teks untuk ditampilkan pada komputer atau perangkat mobile seperti ponsel pintar, yang kemudian dapat mengelola seperti pesan teks lainnya.
9. Kolaborasi
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen dokumen. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Perangkat lunak kolaboratif sering whiteboard dan video / audio conferencing tanggung capa. Contoh perangkat lunak kolaboratif termasuk Acrobat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Micros sering Office Live Meeting, Google Wave, dan WebEx. Microsoft Office SharePoint Server berisi paket program, salah satunya adalah perangkat lunak kolaboratif.
10. Web Services
Layanan web menggambarkan perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk CRE aplikasi makan yang berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis interna. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Sebuah Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber, menciptakan aplikasi baru.
B. JARINGAN
Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat connected bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Keuntungan menggunakan jaringan :
Klarifikasi Jaringan :
1. LAN
LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer sekolah, gedung perkantoran, atau kelompok diposisikan dekat bangunan.
2. MAN
MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan area lokal di daerah metropolitan seperti kota atau kota dan menangani sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu.
3. WAN
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang radio.
Sebuah topologi jaringan mengacu pada tata letak komputer dan perangkat dalam jaringan komunikasi. Tiga topologi jaringan yang umum digunakan adalah star, bus, dan cincin :
a. Jaringan Bintang (Topologi Star)
Pada jaringan bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada jaringan terhubung ke perangkat sentral, sehingga membentuk bintang. Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node pada jaringan adalah hub dan switch. Pada jaringan bintang, jika salah satu simpul gagal, hanya simpul yang terpengaruh.
b. Jaringan bus (Topologi Bus)
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel tunggal pusat, dimana semua komputer dan perangkat lain terhubung. Bus adalah kabel fisik yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam jaringan bus mentransmisikan data, instruksi, dan informasi di kedua arah. Keuntungan dari jaringan bus adalah bahwa komputer dan perangkat lain dapat dilampirkan dan terpisah pada setiap titik di bus tanpa mengganggu sisa jaringan dan kegagalan satu perangkat biasanya tidak mempengaruhi sisa jaringan bus.
c. Jaringan Cincin (Topologi Cincin)
Pada jaringan cincin, kabel membentuk lingkaran tertutup (cincin) dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang cincin (Gambar 9-18). Data yang dikirimkan pada jaringan cincin perjalanan dari perangkat ke perangkat di sekitar seluruh cincin, dalam satu arah. Ketika komputer atau perangkat mengirim data, data perjalanan ke setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan. Jika komputer atau perangkat pada jaringan cincin gagal, seluruh jaringan berpotensi berhenti berfungsi.
d. Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.
B. JARINGAN
Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat connected bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Keuntungan menggunakan jaringan :
Klarifikasi Jaringan :
1. LAN
LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer sekolah, gedung perkantoran, atau kelompok diposisikan dekat bangunan.
2. MAN
MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan area lokal di daerah metropolitan seperti kota atau kota dan menangani sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu.
3. WAN
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang radio.
Sebuah topologi jaringan mengacu pada tata letak komputer dan perangkat dalam jaringan komunikasi. Tiga topologi jaringan yang umum digunakan adalah star, bus, dan cincin :
a. Jaringan Bintang (Topologi Star)
Pada jaringan bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada jaringan terhubung ke perangkat sentral, sehingga membentuk bintang. Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node pada jaringan adalah hub dan switch. Pada jaringan bintang, jika salah satu simpul gagal, hanya simpul yang terpengaruh.
b. Jaringan bus (Topologi Bus)
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel tunggal pusat, dimana semua komputer dan perangkat lain terhubung. Bus adalah kabel fisik yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam jaringan bus mentransmisikan data, instruksi, dan informasi di kedua arah. Keuntungan dari jaringan bus adalah bahwa komputer dan perangkat lain dapat dilampirkan dan terpisah pada setiap titik di bus tanpa mengganggu sisa jaringan dan kegagalan satu perangkat biasanya tidak mempengaruhi sisa jaringan bus.
c. Jaringan Cincin (Topologi Cincin)
Pada jaringan cincin, kabel membentuk lingkaran tertutup (cincin) dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang cincin (Gambar 9-18). Data yang dikirimkan pada jaringan cincin perjalanan dari perangkat ke perangkat di sekitar seluruh cincin, dalam satu arah. Ketika komputer atau perangkat mengirim data, data perjalanan ke setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan. Jika komputer atau perangkat pada jaringan cincin gagal, seluruh jaringan berpotensi berhenti berfungsi.
d. Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.
Beberapa yang digunakan jaringan komunikasi standar dan protokol untuk kedua kabel dan nirkabel net- bekerja :
1. Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Standar Ethernet mendefinisikan pedoman untuk konfigurasi fisik jaringan, misalnya, kabel, kartu jaringan, dan node. Sebuah standar Ethernet yang lebih baru, yang disebut Fast Ethernet, memiliki kecepatan transfer data 100 Mbps, sepuluh kali lebih cepat dari standar asli.
2. Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Beberapa jaringan token ring menghubungkan hingga 72 perangkat. Lainnya menggunakan jenis khusus dari kabel yang memungkinkan hingga 260 koneksi. Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.
3. TCP/IP
TCP / IP adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan ing menjadi potongan-potongan kecil, disebut paket; menyediakan alamat untuk setiap paket; memeriksa dan mendeteksi kesalahan; paket sequencing; dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. Tiap paket berisi data, serta penerima (tujuan), asal (pengirim), dan informasi urutan yang digunakan untuk reas- semble data di tempat tujuan. Setiap paket perjalanan sepanjang tercepat individu jalur yang tersedia untuk komputer penerima melalui komunikasi-komunikasi perangkat yang disebut router.
4. Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan berdasarkan standar 802.11. Beberapa daerah yang luas, seperti perguruan tinggi atau bisnis kampus, ditetapkan sebagai jaringan mesh Wi-Fi, di mana setiap rute mesh node data ke node berikutnya yang tersedia sampai data mencapai tujuannya biasanya koneksi Internet. Sebuah jaringan Wi-Fi lebih fleksibel daripada hot spot karena setiap node dalam jaringan mesh tidak harus langsung terhubung ke Internet.
5. Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan.
6. UWB
UWB, yang merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dengan satu sama lain. Pada jarak 10 meter (sekitar 33 kaki), kecepatan transfer data adalah 110 Mbps. Pada jarak dekat, seperti 2 meter (sekitar 6,5 kaki), transfer rate setidaknya 480 Mbps.
7. IrDA
Beberapa komputer dan perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi; yaitu, perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu sama lain sehingga tidak ada yang menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah.
8. RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui antena, pembaca RFID, juga disebut transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke perangkat komputer atau komputasi.
9. WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas.
10. WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari program-program yang (1) membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan; (2) mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi; dan (3) menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.
Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data :
Sebuah perangkat komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman, perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi menerima sinyal dari saluran komunikasi. Berikut ini akan menjelaskan jenis komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.
a. Dial-Up Modem
Modem dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.
b. Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital
Adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung ke port pada unit sistem.
c. Wireless Modem
Beberapa pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar, atau perangkat mobile lainnya Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.
d. Kartu Jaringan
Kartu jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick), adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.
e. Wireless Access Points
Sebuah titik akses nirkabel adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel.
f. Router
Router adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tination des-benar pada jaringan.
g. Hub dan Switch
Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.
1. Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Standar Ethernet mendefinisikan pedoman untuk konfigurasi fisik jaringan, misalnya, kabel, kartu jaringan, dan node. Sebuah standar Ethernet yang lebih baru, yang disebut Fast Ethernet, memiliki kecepatan transfer data 100 Mbps, sepuluh kali lebih cepat dari standar asli.
2. Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Beberapa jaringan token ring menghubungkan hingga 72 perangkat. Lainnya menggunakan jenis khusus dari kabel yang memungkinkan hingga 260 koneksi. Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.
3. TCP/IP
TCP / IP adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan ing menjadi potongan-potongan kecil, disebut paket; menyediakan alamat untuk setiap paket; memeriksa dan mendeteksi kesalahan; paket sequencing; dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. Tiap paket berisi data, serta penerima (tujuan), asal (pengirim), dan informasi urutan yang digunakan untuk reas- semble data di tempat tujuan. Setiap paket perjalanan sepanjang tercepat individu jalur yang tersedia untuk komputer penerima melalui komunikasi-komunikasi perangkat yang disebut router.
4. Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan berdasarkan standar 802.11. Beberapa daerah yang luas, seperti perguruan tinggi atau bisnis kampus, ditetapkan sebagai jaringan mesh Wi-Fi, di mana setiap rute mesh node data ke node berikutnya yang tersedia sampai data mencapai tujuannya biasanya koneksi Internet. Sebuah jaringan Wi-Fi lebih fleksibel daripada hot spot karena setiap node dalam jaringan mesh tidak harus langsung terhubung ke Internet.
5. Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan.
6. UWB
UWB, yang merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dengan satu sama lain. Pada jarak 10 meter (sekitar 33 kaki), kecepatan transfer data adalah 110 Mbps. Pada jarak dekat, seperti 2 meter (sekitar 6,5 kaki), transfer rate setidaknya 480 Mbps.
7. IrDA
Beberapa komputer dan perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi; yaitu, perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu sama lain sehingga tidak ada yang menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah.
8. RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui antena, pembaca RFID, juga disebut transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke perangkat komputer atau komputasi.
9. WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas.
10. WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari program-program yang (1) membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan; (2) mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi; dan (3) menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.
Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data :
Sebuah perangkat komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman, perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi menerima sinyal dari saluran komunikasi. Berikut ini akan menjelaskan jenis komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.
a. Dial-Up Modem
Modem dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.
b. Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital
Adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung ke port pada unit sistem.
c. Wireless Modem
Beberapa pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar, atau perangkat mobile lainnya Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.
d. Kartu Jaringan
Kartu jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick), adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.
e. Wireless Access Points
Sebuah titik akses nirkabel adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel.
f. Router
Router adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tination des-benar pada jaringan.
g. Hub dan Switch
Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.
Banyak pengguna rumah yang menghubungkan beberapa komputer dan perangkat bersama-sama dalam jaringan rumah. Setiap jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
Tiga jenis jaringan rumah kabel Ethernet, kabel powerline, dan phoneline :
a. Jaringan Ethernet
Jaringan Ethernet tradisional mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan, perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk mengkonfigurasi.
b. Kabel Jaringan Powerline
Sebuah jaringan kabel rumah powerline adalah jaringan yang menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam rumah. Jaringan ini tidak memerlukan kabel tambahan. Salah satu ujung kabel colokan di port USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak. Data mentransmisikan melalui saluran listrik yang ada di rumah.
c. Jaringan Phoneline
Sebuah jaringan phoneline adalah jaringan mudah-install dan murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah. Dengan jaringan ini, salah satu ujung kabel nects con- ke adaptor kartu atau PC Card di komputer dan colokan ujung lainnya di soket telepon di dinding. Jaringan phoneline tidak mengganggu transmisi suara dan data pada saluran telepon. Artinya, Anda dapat berbicara di telepon dan menggunakan saluran yang sama untuk terhubung ke Internet.
d. Jaringan Wireless Home
Untuk jaringan komputer dan perangkat yang menyertakan beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa Anda dapat mengambil komputer mobile di luar, misalnya di halaman belakang, dan terhubung ke Internet melalui jaringan rumah, selama Anda berada dalam jangkauan jaringan.
Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit. Bagian berikut membahas jenis media transmisi nirkabel :
a. Inframerah
Inframerah (IR) merupakan media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah. Com- puters ponsel dan perangkat, seperti mouse, printer, dan ponsel pintar, sering memiliki port IrDA yang memungkinkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan gelombang cahaya inframerah.
b. Radio Siaran (Broadcast)
Radio Broadcast adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah.
c. Radio Seluler
Radio Seluler adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel.
a. Jaringan Ethernet
Jaringan Ethernet tradisional mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan, perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk mengkonfigurasi.
b. Kabel Jaringan Powerline
Sebuah jaringan kabel rumah powerline adalah jaringan yang menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam rumah. Jaringan ini tidak memerlukan kabel tambahan. Salah satu ujung kabel colokan di port USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak. Data mentransmisikan melalui saluran listrik yang ada di rumah.
c. Jaringan Phoneline
Sebuah jaringan phoneline adalah jaringan mudah-install dan murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah. Dengan jaringan ini, salah satu ujung kabel nects con- ke adaptor kartu atau PC Card di komputer dan colokan ujung lainnya di soket telepon di dinding. Jaringan phoneline tidak mengganggu transmisi suara dan data pada saluran telepon. Artinya, Anda dapat berbicara di telepon dan menggunakan saluran yang sama untuk terhubung ke Internet.
d. Jaringan Wireless Home
Untuk jaringan komputer dan perangkat yang menyertakan beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa Anda dapat mengambil komputer mobile di luar, misalnya di halaman belakang, dan terhubung ke Internet melalui jaringan rumah, selama Anda berada dalam jangkauan jaringan.
Saluran komunikasi adalah media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth. Semakin tinggi bandwidth, semakin saluran mentransmisikan. Sebagai contoh, sebuah modem kabel memiliki bandwidth lebih dari modem dial-up.
Media transmisi fisik yang digunakan dalam komunikasi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. Kabel ini biasanya digunakan di dalam atau di bawah tanah antara bangunan. Ethernet dan token ring LAN sering menggunakan media transmisi fisik. Tabel di Gambar 9-35 daftar kecepatan transfer LAN menggunakan berbagai media transmisi fisik. Bagian berikut membahas masing-masing jenis kabel :
a. Kabel Twisted-Pair
Salah satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair. Kabel twisted-pair sists con dari satu atau lebih twisted-pair kabel dibundel bersama. Setiap kawat twisted-pair terdiri dari dua kabel tembaga terisolasi terpisah yang memutar bersama-sama. Kabel yang terbelit bersama-sama untuk mengurangi kebisingan. Kebisingan merupakan gangguan listrik yang dapat menurunkan komunikasi.
b. Kabel Coaxial
Kabel Coaxial, sering disebut sebagai membujuk (diucapkan KO-kapak), terdiri dari kawat c opper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: (1) bahan isolasi, (2) logam anyaman atau dikepang, dan (3 ) lapisan luar plastik. Kabel kabel televisi (CATV) jaringan sering menggunakan kabel koaksial karena dapat kabel jarak yang lebih jauh dari kabel twisted-pair. Sebagian besar jaringan komputer saat ini, bagaimanapun, tidak menggunakan kabel coaxial karena media transmisi lain seperti sinyal kabel transmisi serat optik pada tingkat yang lebih cepat.
c. Kabel Serat Optik
Kabel Fiber-Optic terdiri dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat optik, kaca cladding isolasi dan lapisan pelindung mengelilingi setiap serat optik.
Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit. Bagian berikut membahas jenis media transmisi nirkabel :
a. Inframerah
Inframerah (IR) merupakan media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah. Com- puters ponsel dan perangkat, seperti mouse, printer, dan ponsel pintar, sering memiliki port IrDA yang memungkinkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan gelombang cahaya inframerah.
b. Radio Siaran (Broadcast)
Radio Broadcast adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah.
c. Radio Seluler
Radio Seluler adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel.
0 comments:
Post a Comment